Sunday 31 March 2013

Perkembangan Bayi 4-5 Bulan



Usia 
 4-5 bulan

Pertumbuhan Fisik
Enzim pencernaan sudah lengkap. Tinggi badan bayi pada triwulan kedua meningkat 2 cm. Tinggi badan bayi 54,5-56,5 cm. Ukuran lingkar kepala sekitar 38 cm. Bayi memiliki berat badan 5-8,8 kg.

Refleks
Gerak refleks bayi 0-5 bulan adalah moro refleks. Stimulus yang diberikan berupa menjatuhkan kepala saat disangga setengah duduk atau memberi suara keras dari belakang.
Gerak refleks bayi 4-12 bulan adalah landau refleks. Stimulus diberikan berupa pasif aktif neck extention. Respon yang diberikan yaitu ekstensi dari punggung dan kaki.

Perkembangan Motorik Kasar Bayi


 









Bayi usia 5 bulan sudah mampu telentang diikuti oleh kaki yang dapat sampai ke mulut. Saat bayi diangkat dari posisi telentang kepala bayi sudah tidak tertinggal lagi. Pada usia ini bayi sudah mampu tengkurap, seperti posisi berenang dan mampu menumpu berat badan pada satu sisi. Bayi sudah mampu duduk dengan lengan menyangga.

Perkembangan Motorik Halus Bayi 
Bayi sudah mampu meraih mainan yang diletakn di punggung tangan. Bayi kadang sudah mampu menggemgam benda bulat, panjang, dan besar seperti telepon mainan.
Permainan Yang Dilakukan Bayi Usia 4-5 bulan
Bayi deiberikan mainan berwarna dan bergerak. Letakan mainan bukan hanya di satu titik. Hal ini untuk melatih perkembangan otot-otot bayi.

1 comments:

Health said...

Bunda mana yang tidak ingin melihat anaknya tumbuh sehat dan memiliki badan yang gemuk, seorang anak dikatakan sehat jika badannya terlihat gemuk atau cubi, walaupun tidak semua yang gemuk belum tentu sehat.
http://www.minyaktawo.info/tips-menaikan-berat-badan-anak/

Post a Comment