Sunday 31 March 2013

Perkembangan Bayi 3-4 Bulan



Usia 
3-4 bulan

Pertumbuhan Fisik
Mulai tumbuh gigi. Enzim pencernaan mulai lengkap. Tinggi badan bayi pada triwulan kedua meningkat 2 cm. Tinggi badan bayi 54,5-56,5 cm. Ukuran lingkar kepala sekitar 38 cm. Bayi memiliki berat badan 4,2-7,4 kg.

Refleks
Gerak refleks bayi 0-4 bulan adalah graps refleks. Stimulus yang diberikan yaitu berupa tekanan pada telapak tangan. Respon yang keluar yaitu jari-jari akan menggenggam benda yang diberikan.

Gerak refleks bayi 0-4 bulan adalah rooting refleks. Stimulus yang diberikan yaitu menyentuh sudut bibir atau bibir bayi. Respon yang keluar yaitu bibir bawah, lidah dan kepala mengarah ke arah sentuhan.

Gerak refleks bayi 0-5 bulan adalah moro refleks. Stimulus yang diberikan berupa tepukan. Respon yang terjadi adalah bayi akan kaget.

Perkembangan Motorik Kasar Bayi
Bayi usia 4 bulan ketika telentang, kepala berada di tengah posisi tubuhnya. Bila ditengkurapkan bayi sudah mampu tengkurap secara sempurna. Ia juga sudah mampu menggerakan kepala dan leher dengan bebas. Bayi usia 4 bulan saat didudukan, leher dan punggung sudah mampu tegak.














Perkembangan Motorik Halus Bayi 
Bayi sudah mampu meraih makanan pada posisi tengkurap.
Permainan Yang Dilakukan Bayi Usia 3-4 bulan
Berikan mainan yang digigit untuk menerapkan keinginan bayi dalam menggigit dan mengurangi rasa sakit pada gusi akibat pertumbuhan gigi. Menggelitik badan bayi. Permainan menarik benda atau tongkat. Bayi diajak bermain mengayuh sepeda. Caranya, pergelangan kaki bayi dipegang oleh ibu, kemudian digerakan seperti mengayuh sepeda.

0 comments:

Post a Comment