Saturday 30 March 2013

Perkembangan Bayi 2-3 Bulan



Usia 
2-3 bulan

Pertumbuhan Fisik
Tinggi badan bayi pada triwulan pertama meningkat 3,5 cm. Tinggi badan bayi 52,5-54,5 cm. Ukuran lingkar kepala sekitar 37 cm. Bayi memiliki berat badan 3,9-7,4 kg.

Refleks

Gerak refleks bayi 0-3 bulan yaitu stepping refleks. Stimulus yang diberikan yaitu dengan cara mencondongkan anak dengan tekanan di kaki. Respon yang biasanya terjadi yaitu secara ritmis bayi akan menapak.

Gerak refleks bayi 0-4 bulan adalah graps refleks. Stimulus yang diberikan yaitu berupa tekanan pada telapak tangan. Respon yang keluar yaitu jari-jari akan menggenggam benda yang diberikan.

Gerak refleks bayi 0-4 bulan adalah rooting refleks. Stimulus yang diberikan yaitu menyentuh sudut bibir atau bibir bayi. Respon yang keluar yaitu bibir bawah, lidah dan kepala mengarah ke arah sentuhan.

Gerak refleks bayi 0-5 bulan adalah moro refleks. Stimulus yang diberikan berupa tepukan. Respon yang terjadi adalah bayi akan kaget.

Perkembangan Motorik Kasar Bayi
Bayi usia 3 bulan ketika telentang, kepala sudah berada segaris dengan tengah tubuh dan tangan di posisi dada. Jika bayi telentang kemudian badan bayi diangkat, kepala masih tertinggal. Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa memindahkan berat badannya ke lengan bawah dan kepala sudah mulai ditegakan. Saat posisi duduk, bayi sudah mampu mengangkat bahu dan dagunya pun terangkat.

Perkembangan Motorik Halus Bayi 
Bayi sudah mampu menjangkau mainan yang diletakan di dadanya, tapi belum bisa menggemgam mainan. Menggenggam merupakan gerakan refleks.
Tahap-tahap perkembangan wicara dan Bahasa bayi usia 2-3 bulan
Periode babbling
Bayi usia 2-3 bulan banyak mengeluarkan bunyi-bunyi mirip dengan orang yang sedang kumur-kumur.
Mirip dengan bunyi "a" atau bunyi vokal lainnya dengan nada dan kenyaringan yang berbeda. Bunyi yang mirip dengan bunyi vokal tadi kadang disuarakan dengan bunyi pendek atau panjang.
Pada minggu selanjutnya, terdengar bunyi seperti bunyi konsonan, "p,b,j,g atau n" yang dilakukan secara berulang-ulang. Dan dikombinasikan dengan bunyi suara vokal "a" tadi. Contohnya : papapaapa, gagagaga, jajajaja.
Permainan Yang Dilakukan Bayi Usia 2-3 bulan


Lingkaran atau gelang-gelangan dari karet atau plastik sebagai stimulus dari kemampuan bayi dalam menggemgam yang semakin kuat. Bayi diajak untuk bermain mimik wajah. Bayi diajak bermain memegang telunjuk ibu, hal ini berfungsi untuk menguatkan otot tangan.

0 comments:

Post a Comment