Saturday 30 March 2013

Perkembangan Bayi 1-2 bulan



Usia
1-2 bulan

Pertumbuhan Fisik
Tinggi badan bayi pada triwulan pertama meningkat 3,5 cm. Tinggi badan bayi 52,5-54,5 cm. Ukuran lingkar kepala sekitar 37 cm. Bayi memiliki berat badan 3,6-6,6 kg.

Refleks
Gerak refleks bayi 0-2 bulan yaitu sucking refleks. Stimulus yang diberikan pada bayi yaitu stimulasi di bibir atau di ujung lidah. Biasanya bayi akan merespon dengan cara menghisap atau gerakan menelan.

Gerak refleks bayi 0-3 bulan yaitu stepping refleks. Stimulus yang diberikan yaitu dengan cara mencondongkan anak dengan tekanan di kaki. Respon yang biasanya terjadi yaitu secara ritmis bayi akan menapak.

Gerak refleks bayi 0-4 bulan adalah graps refleks. Stimulus yang diberikan yaitu berupa tekanan pada telapak tangan. Respon yang keluar yaitu jari-jari akan menggenggam benda yang diberikan.

Gerak refleks bayi 0-4 bulan adalah rooting refleks. Stimulus yang diberikan yaitu menyentuh sudut bibir atau bibir bayi. Respon yang keluar yaitu bibir bawah, lidah dan kepala mengarah ke arah sentuhan.

Gerak refleks bayi 0-5 bulan adalah moro refleks. Stimulus yang diberikan berupa tepukan. Respon yang terjadi adalah bayi akan kaget.

Perkembangan Motorik Kasar Bayi
Bayi usia 2 bulan ketika telentang, posisi anggota geraknya akan tidak simetris. Jika ditengkurapkan bagian lengan bawah pada bayi sudah mulai mampu ke depan dan mendekat ke tubuh, tetapi kepala belum mampu naik. Jika bayi diposisikan terduduk ia pasti akan terkulai.

Perkembangan Motorik Halus Bayi
Bayi  sudah bisa bergerak secara simetris atau menjangkau dengan kedua tangannya bergerak bersamaan.
Tahap-tahap perkembangan wicara dan Bahasa bayi usia 1-2 bulan
Periode babbling
Bayi usia 2 bulan banyak mengeluarkan bunyi-bunyi mirip dengan orang yang sedang kumur-kumur.
Mirip dengan bunyi "a" atau bunyi vokal lainnya dengan nada dan kenyaringan yang berbeda. Bunyi yang mirip dengan bunyi vokal tadi kadang disuarakan dengan bunyi pendek atau panjang.
Pada minggu selanjutnya, terdengar bunyi seperti bunyi konsonan, "p,b,j,g atau n" yang dilakukan secara berulang-ulang. Dan dikombinasikan dengan bunyi suara vokal "a" tadi. Contohnya : papapaapa, gagagaga, jajajaja.
Permainan Yang Dilakukan Bayi Usia 1-2 bulan


Senandungkan nyayian anak-anak kepada buah hati bunda, seperti pok ame-ame, bintang kecil, balonku ada lima, dsb. Bayi sebaiknya diberikan mainan yang bergerak, berwarna dan berbunyi. Bayi diajak bermain dengan cara meraih benda yang bergerak.





continue to : Perkembangan bayi usia 2-3 bulan

0 comments:

Post a Comment